Borneo Digital Competition 2024

Borneo Digital Competition (BDC) adalah salah satu proyek dari Departemen Business Development AIESEC in UNTAN yang bertujuan untuk mempersiapkan anak muda di Kalimantan Barat agar dapat beradaptasi dan maju di era digital. Kompetisi ini merupakan upaya untuk menyediakan ajang pembelajaran yang mempersiapkan calon pemimpin inovatif dan kreatif di bidang bisnis. BDC menjadi wadah bagi peserta untuk memperoleh ilmu baru dalam digitalisasi, meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, bekerja sama dalam tim, serta menumbuhkan jiwa kepemimpinan.

Kegiatan ini memiliki tema “Create Immersive Futures & Youth Innovation Challenge” yang bertujuan untuk mendukung UMKM di Kalimantan Barat agar lebih maju dan siap bersaing di era digital. Selain itu, kompetisi ini memberikan kesempatan kepada anak muda untuk menciptakan perubahan melalui ide-ide baru dan solusi cerdas. Kegiatan ini berfokus pada pencapaian SDGs #8 (Decent Work and Economic Growth) dan SDGs #9 (Industry, Innovation, and Infrastructure).

Juara 1 dalam kompetensi ini berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan nama Tim Barudak yang terdiri dari:

  1. Ferris Febrio (B1021221050) sebagai Ketua Tim
  2. Christmasya Amelia (B1031221185) sebagai Anggota Tim
  3. Kevin Wijaya (B1024221015) sebagai Anggota Tim
  4. Susanti (B1024231027) sebagai Anggota Tim

Tim Barudak EDC melakukan digitalisasi pada UMKM Biogro, yang merupakan pupuk bio organik berbahan dasar limbah kelapa sawit. Dalam digitalisasi ini, tim Barudak EDC juga berkontribusi terhadap inovasi kemasan produk serta branding berupa tagline, pembuatan banner, flyer, dan digitalisasi melalui platform E-Commerce Shopee dan media sosial Instagram serta TikTok yang berhasil meningkatkan awareness terhadap UMKM Biogro.